Proses Cat Melamic pada Kusen

Pengerjaan Cat Melamic pada Kusen atau pintu.

Ada yang tahu bagaimana standar prosedur untuk pengecatan melamic? Baik, kali ini kita bahas bersama-sama, karena tukang kami sering mengerjakan cat melamic dan setelahnya kami ambil kesimpulan untuk prosesnya seperti di bawah ini.

Sebelum dimulai, yang paling pertama yang dibutuhkan adalah alat kompresor lengkap dengan selang dan alat semprotnya. Kemudian bagian tembok pinggir, atau bagian yang tidak ingin cicat bisa ditutup dengan koran dengan menggunakan lem taslem. Kemudian baru bisa dimulai tahap finishing seperti dibawah ini.

Kusen Pintu yang beum dicat

Kusen Pintu yang beum dicat

Tahapan pekerjaan finising Melamic :
1. Gosok dan Blaching kayu dengan H.202
H 202 merupakan bahan kimia khusus untuk pemutih jika memang pintu yang dicat itu adalah pintu atau kusen yang sudah pernah dicat, atau cat ulang. Obat ini khusus untuk menghilangkan noda atau melunturkan cat yang sudah ada. Obat bisa dicari ditoko-toko cat.

2. Gosok kayu dengan mesin amplas biar flat
Untuk proses amplas kayu, pilih amplas yang sedang untuk proses awal yang nila secara kehalusannya 240. Bisa dibeli di toko cat atau material terdekat.

3. Dempul wood filer untuk menutupi pori” kayu dan amplas
Untuk dempul bisa dicari di toko cat atau material terdekat, ada beberapa pilihan, bisa dengan dempul mobil seperti san polac, atau dempul khusus kayu. Jika pintu yang akan dicat itu parah berbolongnya lebih baik menggunakan san polac.

Jasa Pengecatan Kusen, melamik, duco

Jasa Pengecatan Kusen, melamik, duco

4. Masuk dasar warna sesuai pilihan dan lapis sending murni 2x lapis
Proses selanjutnya bisa dicat dasar dengan dua kali lapis, untuk mengecat dasar tidak dijadikan ukuran untuk proses perataan cat, menyesuaikan pada kusen yang dicat saja.

5. Quality control dan gosok 240
Setelah selesai proses pengecatan dasar, bisa diamplas kembali dengan amplas 240.

6. Setting warna jadi sesuai yg diinginkan
Setelah itu bisa disesuaikan dengan warna yang dipilih, disemprot merata pada bagian kusen sesuai dengan perataan. Untuk yang profesional pengerjaan ini mudah, tapi untuk yang baru, kita harus lebih sabar pada setiap pengerjaannya.

7. Sending murni 1x lapis
Sending murni 1 lapis, supaya warna akan semakin tebal.

8. Gosok final 320
Amplas kembali dengan amplas 320, yang semakin halus.

9. Top coat melamic sesuai keinginan.
Finishing dan selesai.

hasil melamic-read mahoni

hasil melamic-read mahoni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *