Upah Tukang Harian Tahun 2022

Upah Tukang Harian Tahun 2022

Nah, teman-teman yang mencari tukang harian pasti bingung berapa biasanya tukang digajih untuk harian, berdasarkan pengalaman dan data yang kami himpun setiap daerah beda dalam pemberian upah tukang harian, tergantung teman-teman berada di daerah mananya.

Tetapi secara umum untuk daerah jabodetabek sekarang upah tukang harian berada di level yang lumayan, untuk tukang bangunan yang biasa kuli harian biasanya berada di angka 130-175 ribuan, itu gajih mereka sudah bersih, untuk makan kopi dan rokok biasanya kita yang tanggung, sementara untuk keneknya berada di level 90 ribuan sampai 120 ribuan, nah kira-kira teman-teman mau kasih dengan harga berapa gajih tukangnya?

Kalo mengacu badan statistik nasional seperti ini. Berdasar data dari Tubuh Pusat Statistik Nasional, Upah nominal harian tukang bangunan (tukang bukan mandor dan non laden) pada September 2022 naik lebih dari 20% dibandingkan Agustus 2020, yakni dari Rp 80.872 jadi Rp 100.753,00 setiap hari.

Tetapi menurut kami untuk tenaga ahli tukang, biasanya dibayar lebih dari itu teman ya, kalo data itu mungkin rata-rata dari seluruh indonesia yang memang tidak seragam, karena kita menggunakan tukang yang berpengalaman akan berbeda dengan yang sekedar kenek yang bisa bantu-bantu saja. Jadi memang kalo teman-teman masih bingung mau kasih upah berapa ke tukang, mending dibicarakan dan disepakati bersama, sekiranya ketika sudah ada kesepakatan menjadi sama-sama ridha dan kita juga senang.

Kira-kira seperti itu untuk upah tukang yang bisa kami sharing, terima kasih sudah membaca. semoga bermanfaat.

Please follow and like us:
Pin Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *