tips cara pengecatan

 Mengecat Tembok Anda Sendiri

Cara Mengecat Tembok

Mengecat tembok rumah memanglah hal yang terlihat sepele dan mudah untuk dilakukan. Tetapi jika tidak dilakukan dengan benar, akan ada risiko pengecatan ulang yang tentunya memakan waktu dan biaya yang lebih banyak.

Untuk memastikan proses pengecatan Anda mendapatkan hasil yang sempurna dalam satu kali percobaan, ikutilah 5 tips cara mengecat tembok untuk mencapai hasil maksimal layaknya tukang cat handal.

Ampelas Permukaan yang Tidak Rata

Untuk mendapatkan hasil cat yang halus dan merata pada dinding, langit-langit, dan furnitur kayu, Anda harus mulai dengan permukaan yang rata. Anda dapat menggunakan ampelas untuk meratakan permukaan dinding yang akan dicat untuk hasil akhir cat yang mulus dan sempurna.

Tanpa permukaan dinding yang rata, maka hasil akhir cat tembok juga akan bergelombang dan tidak rapih. Maka dari itu, Anda sangat direkomendasikan untuk melakukan penghalusan sebelum memulai mengecat tembok.

Pada umumnya, Anda dapat menggunakan kertas ampelas berukuran 220-grit untuk menghaluskan permukaan tembok yang akan dicat. Untuk mencapai hasil terbaik, Anda disarankan untuk mengampelas secara vertikal dari bagian paling bawah tembok ke bagian paling atas.

Gunakan Produk Berkualitas

Selain cara mengecat tembok yang baik dan benar, kualitas produk yang Anda gunakan juga akan mempengaruhi hasil akhir cat tembok. Hindari membeli produk berkualitas rendah, terutama untuk cat tembok dan kuas. Kuas murah pada umumnya memiliki serabut yang tidak rata, sehingga dapat mengurangi efisiensi cat dan kerapihan permukaan cat. Kuas yang berkualitas memiliki serabut yang tertata rapih dan lebih tahan lama, sehingga Anda dapat menggunakannya lagi di kemudian hari. Kuas berkualitas dengan ukuran 2.5 inci sangat direkomendasikan, karena dapat digunakan untuk mengecat berbagai permukaan.

Memilih produk cat tembok yang berkualitas juga akan memudahkan proses pengecatan dan mempertahankan warna cat lebih lama. Selain ketahanannya, produk cat yang berkualitas juga mempunyai warna yang lebih tahan lama dan dapat diratakan dengan mudah ke seluruh permukaan tembok, sehingga lebih efisien dalam pengunaannya.

Lindungi Furnitur dari Tetesan Cat

Saat mengecat tembok sebuah ruangan, Anda tidak perlu repot-repot memindahkan semua perabot di ruangan tersebut. Hal ini akan memakan waktu dan tenaga yang lebih banyak. Kumpulkan semua furnitur ke tengah ruangan, dan tutupi mengunakan plastik yang diselotip ke lantai. Selain melindungi furnitur dari tetesan cat tembok dan debu yang berjatuhan karena proses pengampelasan, langkah ini juga akan menghemat waktu Anda.

Gunakan Kain Kanvas untuk Pelindung Lantai

Tukang cat profesional biasanya tidak menggunakan kain bekas sebagai pelindung lantai, dan Anda sebaiknya tidak melakukan hal itu juga. Anda juga sebaiknya tidak menggunakan plastik untuk melindungi lantai dari tetesan cat. Hal ini dikarenakan kain-kain rumah tangga dan plastik tidak langsung menyerap cairan cat yang menetes ke permukaanya, sehingga ada risiko cat mengalir dan tercecer ke lantai.

Gunakanlah kain kanvas (seperti yang ada pada kanvas lukisan) yang bersifat menyerap cat, sehingga tidak ada kemungkinan cat berceceran dan menodai lantai ruangan. Kain kanvas juga sangat tahan lama, sehingga dengan sekali pembelian, Anda dapat menggunakannya berkali-kali untuk mengecat ruangan lain di rumah Anda.

Bagimana, apakah Anda sudah merasa seperti tukang cat ahli setelah membaca tips cara mengecat tembok di atas? Jangan lupa, pilih cat Dulux yang berkualitas tinggi dan tahan lama untuk mendapatkan hasil yang maksimal

Please follow and like us:
Pin Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.