Tips Memilih Warna Cat untuk Rumah dan Ruangan Anda

Memilih warna cat untuk ruangan Anda bukanlah sesuatu hal yang mudah. Karena warna cat tembok itu sendiri dapat memberi pengaruh suasana hati dan nuansa di dalam rumah.

Contohnya, kamar anak mungkin akan lebih menarik dengan pemilihan cat warna yang cerah. Sementara, ruang kerja akan lebih nyaman jika di cat menggunakan warna-warna kalem.

Supaya tidak kebingungan, yuk ketahui tips memilih pewarnaan cat untuk dekorasi rumah yang telah dilansir dari laman The Spruce dan Hey There Home, Sabtu (18/12/2021)

Beberapa warna cat memiliki suasana yang dapat memberikan kehangatan dan kesejukan dalam sebuah ruangan, sementara warna lain memunculkan keberanian.

Salah satu tips memilih warna rumah adalah dengan mempelajari setiap detail elemen arsitektur di dalam rumah.

Contohnya, memilih warna batu-bata dengan aksen bintik-bintik abu-abu gelap tentu berbeda dengan pemilihan warna pada gips yang umumnya memiliki aksen warna biru.

Selalu perhatikan setiap aksen warna satu elemen dengan lainnya, sehingga mereka memiliki warna yang senada.

2. Pilihlah Finishing Cat yang Tepat

Selain memilih warna cat yang tepat, pemilihan lapisan cat juga penting untuk diperhatikan. Pasalnya, proses finishing ini akan mempengaruhi tampilan warna cat yang sudah diaplikasikan pada tembok.

Hasil akhir pelapisan cat terbagi menjadi lima kategori, yaitu matte, kulit telur, satin, semi gloss, dan high gloss. Kamu dapat menentukan tampilan akhir cat sesuai selera. Meski untuk cat tembok hanya ada semi gloss, tetapi Anda bisa berkonsultasi kepada toko cat tempat anda membeli cat.

3. Lihat warna cat dalam berbagai kondisi

Sebelum mengaplikasikan cat warna ke seluruh bangunan di rumah. Terlebih dahulu gunakan sebuah dinding uji bata mini dari kayu lapis yang dihadapkan ke jalan raya, sebagaimana posisi rumah dibangun.

Setelah itu, aplikasikan terlebih dahulu pilihan warna cat tersebut pada dinding uji dan lihat warna cat pada pagi, siang, sore, dan malam, baik saat cerah maupun mendung. Hal ini penting untuk dilakukan karena warna cat bisa berubah berkat pengaruh lingkungan, matahari, dan cuaca.

tukang cat rumah
Please follow and like us:
Pin Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *